Kamis, 11 Agustus 2011

Tips memilih Punglor merah yg bagus

Dalam pemilihan jenis yg bagus diperlukan kejelian yg luar biasa dan tentunya pengalaman. Dr bberapa info para pawang punglor merah yg berpengalaman, insting menjadi salah satu pegangan mereka dalam menentukan, tp buat pemula maupun pencinta burung sekedar info tips berikut ini mgkn bs menjd bahan referensi yg bs menjd patokan pemilihan jenis yg bagus.
  1. Yg pasti hrs yg berkelamin jantan, Walaupun tdk bs menentukan secara akurat, namun mgkn ciri-ciri Punglor merah jantan berikut bs sedikit membantu, diantaranya bs dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat dan selanya tdk bs direnggangkan, warna bulu lebih tegas, cerah dan mengkilat, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu di bawah paruh bagian bawah lebih pudar, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah. Untuk yg masih trotolan, lihat di pangkal lidah yg menghadap kebelakang pastikan berwarna gelap/hitam. Namun berdasarkan info dr para dukun punglor, mereka lebih berpatokan pada warna bulu untuk menentukan jenis kelamin dr burung ini.
  2. Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan burung punglor merah yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  3. Postur badan, pilihlah bahan anis merah yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  4. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  5. Perilaku hrs lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  6. Sikap badan pilihlah burung yg sikap badannya berdiri pada posisi kepala mendangak 45 derajat. Boleh percaya boleh tidak, apabila anda mendapatkan bahan yang seperti ini, dijamin umur 7 bulan sudah ngerol dan mulai teler.
    Disadur dr berbagai sumber. Bs jd untuk mendapatkan jenis yg sempurna seperti diatas bukanlah hal yg mudah, satu hal lagi untuk jenis Punglor merah ini, diperlukan lebih banyak kesabaran, ketelitian, penawaran, dan yg pasti modal yg lebih besar. Baca jg tentang tips merawat dan setelan makanan punglor merah atau info umum ttg Punglor merah.

    0 komentar:

    Posting Komentar