Jumat, 05 Agustus 2011

Punglor

Ini postingan kedua saya, dimana akan saya penuhi janji saya untuk membahas mengenai beberapa jenis burung berkicau dengan lebih mendalam. Sesuai postingan saya terdahulu, pertama yang akan saya bahas adalah jenis Punglor atau juga biasa disebut dengan Anis, ada dua jenis punglor yang begitu populer di kalangan pecinta burung kicau, yaitu Punglor kembang/ Anis kembang, dan Punglor merah/ Anis merah.
1. Punglor kembang atau Anis kembang
    Salah satu jenis burung kicau yg juga bernama latin zoothera interpres ini, memang punya kemampuan kicau yang bagus, tp dalam pemeliharaannya sedikit lebih rumit, terutama untuk burung dengan target lomba, pertama, yg sngt perlu kita pahami terlebih dulu adalah karakter dasar dari burung ini, karena dengan tau karakternya, maka pemeliharaan dan setingannya akn bs lebih mudah. Berikut ini beberapa karakter punglor kembang yang perlu di perhatikan antara lain, 
    #punglor kembang ini adalah jenis yg sangat sensitif burung ini agak susah beradaptasi, usahakan untuk jangan sering2 mengganti ornamen kandang, perlakuan kita juga perlu diperhatikan, perlakuan kasar, bahkan perubahan situasi kandang yg tiba2 bisa membuat burung ini stress dan perlu diketahui pemulihan untuk jenis ini lumayan sulit.
    #dan juga sangat manja, manja disini hrs sngt diperhatikan pengertiannya, burung ini punya kencenderungan psikologis menganggap perawat hariannya sebagai pasangan, aneh memang, tp itu yg terjadi, sbg bukti, ketika burung ini melihat perawatnya, burung ini tidak akn bunyi tp hny lompat2 naik turun. Untuk pemilik burung jenis ini dgn target lomba, ini dia trik khusus saat kontes berlangsung, yaitu bedakan orang yg merawat harian dan orang yg ada di lapangan, orang penggantang dan orang lapangan hrs benar2 orang baru yg gak pernah berhubungan dlm keseharian perawatan. Dan krena sifat manjanya ini maka sering di temui burung jenis ini sngt jinak kpd perawatnya/pemiliknya.
    #tp juga perlu diperhatikan bahwa burung ini adalah pembosan / mudah bosan, jangan tempatkan ato gantang burung ini di satu tempat terlalu lama, krn akn membuat burung ini boring n akibatnya jd malas berkicau, sering pindahkan di tempat gantangan yg berbeda, ini yg sering tidak dipaham i oleh pemilik burung.
    #untuk beberapa hal diatas perlu sngt perlu diperhatikan adalah bahwa burung ini sangat mudah naik birahi, dan yg perlu dipamami adalah pemicunya, antara lain over food untuk setelan EFnya (ekstra food), penjemuran yang berlebihan, dan jg karena melihat burung sejenis yg lain.
    Hal hal diatas adalah hal2 dasar yg perlu diperhatikan dalam pemeliharaan burung jenis ini, sebelum qta bahas yg lebih mendalam misal tentang cara pemilihan peranakan dan detil yg lain perlu kita tau dulu beberapa macam jenis punglor jika ditinjau dari daerah penyebarannya. Ada tiga jenis punglor ato anis kembang yg banyak diminati oleh para pecinta burung di dasarkan daerah penyebarannya, yaitu punglor kembang tasik, punglor kembang sumbawa / bali, punglor kembang borneo / kalimantan, dlm hal ini perbedaan diantara mereka kebanyakan hny menyangkut perbedaan fisik saja,  tidak ada perbedaan ato keunggulan yg mencolok diantara mereka yg menyangkut volume vokal, mental, atopun gaya bertarung mrk, krn semua hal itu hny tergantung pada pemilihan peranakan yg baik dan pemeliharaan yg cermat.
   #punglor kembang tasik
anis kembang tasik
Secara fisik punglor kembang tasik rata2 mempunyai body kecil, Kaki pendek. Punglor kembang tasik memang mudah ngerol apalagi kalau di cash betina, tetapi rata2 volumenya tidak kenceng, hanya tipe suaranya kristal.
Warna trotol pada bagian dada tidak ngeblok dan cenderung beraturan (bercorak), sementara bulu putih pada sayapnya terputus2 seperti sisir.



   





#Punglor kembang sumbawa / bali
punglor kembang sumbawa
Warna trotolnya di dada terlihat ngeblok dan cenderung tdk beraturan, sementara bulu putih pada sayap tertata rapi membentuk bulatan2 sprt mega. Bodi lebih bongsor n suara ulem/ngebas. Tipe punglor kembang ini agak susah ngerolnya. Biasanya hanya ngeplong2, bisa sih ngerol kalau kondisinya fit banget n ketemu dengan cash betina yang super lenjeh









 #punglor kembang borneo / kalimantan
punglor kembang borneo

Tipe Warna trotol di dada terlihat ngeblok dan cenderung tidak beraturan. Terdapat warna bulu kuning kecoklatan berbaur dengan warna trotol hitam pada bulu dada hingga singga sisi kiri dan kanan di bawah bulu sayap, seperti halnya punglor kembang yang masih remaja. Sedangkan warna putih pada sayap membentuk mega dan terputus2 oleh bulu hitam dibagian bawah. Bodi relative kecil dan ramping. Punglor kembang Kalimantan ini menurut sumber dari pemain Punglor yang pernah ikutan lomba katanya nya mudah ngerol, suara Kristal hanya saja volumenya tidak terlalu keras.






Walaupun bgt tdk menutup kemungkinan pemilihan ras asal jg berpengaruh, tergantung pd kecenderungan anda dalam menilai masing2 ras asal dari burung tersebut. Karena dalam kontes, acuan standar untuk penilaian adalah pada gaya, power/volume vokal/lagu apakah ngeroll, nancep tdaknya kicauan.
Selanjutnya qta coba uraikan pemasalahan yg sering ditemui para penggemar burung terutama pemula dmn bs di mulai dr permasalahan dasar yaitu cara membedakan jantan dan betina, ato lebih lanjut seprti masalah pemilihan peranakan atupun dalam trik2 pemilihan makanan dan perawatan sehari hari.
Qta coba dulu dari masalah dasar dr pemeliharaan punglor kembang yaitu mslh membedakan jantan dan betina, sebagai catatan penting, bahwasannya jenis burung ini adalah termasuk dlm jenis monomorfik, yg artinya antara jantan dan betina hampir identik dan dikarenakan punglor kembang yg biasa di pelihara oleh pencinta burung adalah jenis jantan, oleh sebab itu perlu ketelitian untuk membedakannya, qta sadar i bersama, diantara para pemain di dunia burung kicau, tdk menutup kemungkinan ada pemain2 nakal yg memanfaatkan ketidak tahuan pihak lain untuk keuntungan mrk. Walaupun tdk bs akurat 100%, namun dengan melihat ciri fisik berikut ini sedikit bnyk mgkn bs dijadikan pedoman, untuk menentukan jenis kelamin dr punglor kembang jantan :
    #ciri2 fisik punglor kembang jantan yg bs dgn mudah dikenal i
        matanya lebih menonjol keluar, bentuk kepala lebih besar, postur tubuhnya panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat, corak bulu lebih tegas,  jg bs dr ciri suara dan tingkah laku, suaranya lebih keras dan nyaring, dan terlihat lincah, disini yg begtu kentara bedanya adalah pada bulu bagian pantat sekitar dubur, punglor jantan memiliki warna putih dan bercorak awan tipis.
   #sedangkan fisik punglor kembang betina adalah kebalikan dari punglor jantan, beda yg mencolok ada warna bulu pantat sekitar dubur berwarna putih polos tanpa corak ato pola, pada suara dan tingkah laku, punglor betina jg pny suara keras hny saja tdk nyaring, dan cenderung tdk aktif bergerak.
Dengan memahami ciri2 fisik tersebut, sdikit banyak buat pemula bs lebih mengenali jenis punglor kembang yg akn di beli, ato diinginkan, dan tidak salah pilih ato lebih2 tertipu.
Uraian selanjutnya untuk permasalahan yg sering ditemui adalah pada saat pembelian yaitu masalah pemilihan type punglor kembang yg bagus, dsini terlebih dulu akan saya bahas tentang tips untuk memilih punglor kembang yg bagus, Pertama kenali dulu penjualnya, apakah pemburu, peternak ato pemelihara, jika seorang pemburu sebelumnya hrs dipastikan dr daerah hutan mn, sbg contoh, mnrt beberapa sumber, hutan di daerah kaki gunung wilis adalah habitat liar yg menghasilkan jenis punglor kembang yg baik, bersuara bagus, dan bermental kuat. ato jika dr peternak anda harus tau peranakannya cari informasi dari sumber terpercaya anda mengenai peranakan dr burung yg akan anda beli. dan jika dari pemelihara anda bedakan antara penjual itu memang sebagai pedagang burung ato hanya pemilik burung, dan lagi2 informasi akurat hrs anda dapatkan. Untuk pemula jgn sekali2 membeli burung ini tanpa pengetahuan cukup karena jenis punglor kembang ini adalah salah satu jenis yg terkenal cukup mahal, jadi hati2 lah, seperti yg saya uraikan diatas, bnyk jg pemain nakal yg memanfaatkan ketidaktahuan pihak lainnya. Kedua kenali ciri fisik dari sang burung karena ciri fisik ini yg sedikit bnyk bs menjadi patokan dalam pemilihan jenis yg sesuai keinginan anda yaitu yg berkicau keras dan nyaring, bermental bagus dan berpostur ideal. Untuk burung peliharaan ato pun burung kontes, sebagian besar pecinta burung akan memilih jenis punglor kembang jantan sebagai pilihan, dan di awal sudah saya bahas cara membedakannya kan, anda pasti sudah paham, ciri fisik punglor kembang yg bagus adalah yg berbadan panjang tidak besar, berleher panjang, berparuh panjang, serta berbahu lebar, fisik yg seperti ini yg mencirikan jenis punglor kembang jantan yg bersuara keras dan nyaring, los serta tebal.Selain itu perlu dilihat jg bentuk kepala yaitu pilihlah yg bulat dan berbenjol dibelakangnya, disini kesempurnaan ciri fisik memang diperlukan untuk mendapatkan punglor kembang terbaik sesuai harapan semua pecinta burung berkicau, walaupun dilapangan agak susah mgkn mendapatkan punglor kembang dgn kelas trsbt dengan harga ringan, tp mgkn dengan membeli trotolan ato bakalan punglor kembang bs menjadi pilihan buat pemula untuk bs nantinya mempunyai peliharaan punglor kembang dgn kelas dan kualitas yg bagus. Untuk mendapatkan tips memilih bakalan ato trotolan ato anakan punglor kembang yg bagus baca juga disini. Saya hadirkan dengan gambarnya.

0 komentar:

Posting Komentar